Pokja PDDIKTI

Pokja PDDIKTI
Sumber daya manusia yang ditetapkan dan bertugas memastikan pelaporan transaksi mahasiswa, ajuan registrasi pendidik, ajuan perubahan data dosen, ajuan perubahan data mahasiswa, permohonan perbaikan laporan semester dan perubahan nomenklatur program studi berjalan dengan lancar.
Program Kerja
Rencana Kerja Unggulan
Sosialisasi dan Pelatihan Teknik Penggunaan Aplikasi SISTER Bagi Tenaga Pendidik
Program SISTER oleh Ristekdikti diluncurkan pada tahun 2017 untuk pengintegrasian data dosen agar data
dapat terkelola dengan baik. Untuk itulah Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal SumberDaya Iptek
dan Dikti meluncurkan pada tahun 2017 yaitu program dalam manajemen data dosen yang dinamakan
dengan SISTER, sebagai upaya untuk mengelola data dosen. Aplikasi SISTER ini mngentegrasikan seluruh
layanan karir dan komptensi SDM di Ristekdikti sehingga memungkinkan para stakeholder menerima
kepastian dalam pelayanan karir mereka. SISTER menggunakan basis data portofolio dengan satu basis
untuk semua keperluan yang memuat kinerja Tri Dharma Dosen. Mengatasi permasalahan yang sering
terjadi seperti tercecernya data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut dan sulit ditemukan ketika
dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh
aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses
pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit,
sertifikasi dosen dan proses lainnya. Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan
mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang
di SISTER. Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian PT,
pimpinan PT, pimpinan Kopertis, dan Kemenristekdikti. Aplikasi SISTER juga menjadi media untuk
pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien
dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER. Untuk itu UPT TIK perlu melakukan Sosialisasi mengenai aplikasi SISTER terhadap Dosen dan Civitas Akademik
di Lingkungan Universitas Halu Oleo.
Audit Keamanan SIAKAD
Masih minimnya proses kendali pelayanan dan pengawasan bisnis proses pada aset sistem informasi memudahkan pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengganggu jalannya aktivitas terkait pada aset organisasi. Meningkatnya sifat bergantungan pada informasi sejalan dengan meningkatnya resiko yang terjadi, salah satu resiko yang mungkin terjadi yaitu resiko keamanan informasi.
Workshop Pemutahiran Data Akademik
Data akademik yang terkumpul di institusi pendidikan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, perlu adanya workshop pemutahiran data akademik untuk menjaga keakuratan dan kualitas data agar dapat digunakan sebagai sumber informasi yang andal dalam pengambilan keputusan.
Tentang Pokja
Tugas Pokok dan Fungsi serta Aplikasi/Akun Yang Dikelola

  1. Pelaporan transaksi data akademik ke PDDIKTI

  2. Pelaporan penambahan dan pembaruan data dosen pada PDDIKTI

  3. Pelayanan TI Akademik

  4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas

  5. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan langsung


  1. SIAKADbeta

  2. Neo feeder PDDIKTI

  3. SISTER

Panduan Sistem Informasi Akademik Beta (SIAKADbeta)
Daftar Panduan Sistem Informasi Akademik: Panduan Login SIAKAD, Panduan Reset Password, Panduan Update Email, Panduan Verifikasi Email, Panduan Update Password SIAKAD, Panduan Pendaftaran Tugas Akhir, Panduan Membuat Virtual Account BNI untuk Pembayaran UKT, Panduan Centang Cicil UKT, Panduan Centang Tugas Akhir, Panduan Cara Bayar UKT: Menggunakan Virtual Account, Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran